Cara Menjalani Pola Hidup Sehat

Cara Menjalani Pola Hidup Sehat: 17 Tips Dari Para Profesional

Kiat Sehat – Menjalani gaya hidup sehat adalah tentang memilih untuk membuat pilihan yang sehat setiap hari. Menambahkan lebih banyak makanan bergizi ke dalam pola makan Anda, berusaha berolahraga sepanjang minggu, dan memprioritaskan kesehatan mental hanyalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mulai menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia. Kami telah mengumpulkan daftar lengkap tip dan saran dari para profesional tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Di akhir artikel ini, Anda akan siap untuk mulai mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Buat tujuan kesehatan yang spesifik

Tentukan tujuan yang spesifik dan dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kesehatan Anda. Ketika Anda memiliki tujuan spesifik yang ingin dicapai, Anda akan lebih termotivasi untuk menerapkan perubahan sehat dalam hidup Anda. Identifikasi bagian mana dari gaya hidup Anda yang ingin Anda tingkatkan (kebugaran fisik, makanan, kesehatan mental, dll.) dan tetapkan tujuan SMART yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu untuk lebih menjamin kesuksesan Anda. Contoh tujuan SMART adalah:

Spesifik: Saya akan menjadi lebih aktif secara fisik dengan berjalan kaki setiap hari.

Terukur: Saya akan berjalan selama 30 menit hingga 1 jam setiap hari selama sebulan.

Attainable: Saya punya banyak waktu sebelum dan sesudah bekerja agar bisa berjalan kaki. Lingkungan tinggal saya juga sangat nyaman untuk dilalui dengan berjalan kaki.

Relevan: Saya menghabiskan sebagian besar hari saya dengan duduk dan perlu secara sadar berupaya untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik.

Terikat waktu: Saya akan mempertahankan rutinitas ini selama 1 bulan kemudian menilai kembali kebutuhan saya dan menyesuaikan tujuan saya.

Mintalah teman, anggota keluarga, atau rekan kerja untuk bergabung dengan Anda dalam tujuan tertentu. Memiliki orang-orang di sana untuk mendukung Anda akan membuat upaya mencapai tujuan Anda jauh lebih menyenangkan.

Makan dengan baik

Pilih makanan yang bergizi dan ciptakan pola makan yang seimbang. Bukan rahasia lagi kalau pola makan sehat menjadi salah satu kunci mencapai gaya hidup sehat. Jika Anda mengikuti pola makan sehat, Anda mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan jenis kanker tertentu. Tak hanya itu, makan sehat juga bisa meningkatkan mood dan membuat Anda lebih bahagia. Berikut beberapa tip untuk diikuti:

Makan buah utuh seperti apel, jeruk, beri, dan mangga.

Sertakan banyak sayuran berwarna dalam diet Anda seperti ubi, bit, bayam, dan paprika.

Pilih opsi gandum utuh saat Anda makan makanan seperti pasta, biskuit, sereal, dan roti.

Makanlah berbagai protein termasuk daging tanpa lemak, ayam, tahu, telur, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Pilih produk susu rendah lemak atau bebas lemak seperti susu, keju, dan yogurt.

Sertakan minyak sehat dalam makanan Anda seperti minyak sayur, minyak zaitun, dan minyak dari makanan seperti alpukat, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Berlatihlah makan dengan penuh kesadaran

Perhatikan ukuran porsi Anda dan nikmati makanan Anda. Makan dengan penuh kesadaran berarti menyadari dan memperhatikan apa yang Anda makan tanpa gangguan apa pun. Hanya berfokus pada tindakan makan saat Anda duduk untuk makan membantu meningkatkan pencernaan, membuat Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit makanan, dan membuat Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Berikut beberapa tip tentang cara mempraktikkan pola makan yang sadar.

Baca Juga :  Sajian Kesehatan: Menjelajahi Kelezatan Makanan dalam Gaya Hidup Sehat yang Lezat

Hindari makan sambil melakukan aktivitas lain, seperti menonton TV atau membaca.

Ambil gigitan kecil dan kunyah masing-masing dengan seksama sebelum ditelan.

Buat rencana makan yang mencakup banyak bahan bergizi.

Berusahalah untuk memasak makanan Anda sendiri daripada memesan makanan cepat saji.

Minum banyak air

Berusahalah secara sadar untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Sama seperti makanan bergizi, air juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Air membantu Anda mencerna makanan, membuat Anda tetap terhidrasi, dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Untuk orang dewasa, minumlah sekitar 13 gelas (3,1 L) air sehari agar tetap terhidrasi dengan baik, meskipun jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada usia, berat badan, lingkungan, dan tingkat aktivitas fisik Anda.

Hal lain yang diperhitungkan dalam asupan air harian Anda termasuk air beraroma, kopi dan teh tanpa kafein, dan bahkan beberapa buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi.

Hindari minum minuman manis seperti soda, jus, dan minuman olahraga.

Tanda-tanda dehidrasi pada orang dewasa antara lain lebih jarang buang air kecil, urin berwarna gelap, kelelahan, pusing, dan kebingungan.

Konsumsi suplemen sesuai kebutuhan

Tanyakan kepada dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi. Mengonsumsi suplemen makanan adalah pilihan yang baik ketika diet Anda tidak memberikan cukup vitamin dan nutrisi yang Anda butuhkan untuk tetap sehat. Sangat mungkin untuk mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan hanya dari makanan yang Anda makan, tetapi suplemen tersedia untuk mengisi kekosongan tersebut. Jika Anda merasa mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen, konsultasikan dengan dokter Anda tentang suplemen mana yang sebaiknya Anda konsumsi.

Suplemen yang paling umum dikonsumsi orang adalah kalsium (kesehatan tulang), vitamin D (penyerapan kalsium), dan Vitamin C dan E (antioksidan).

Vitamin B12, yang berasal dari daging, ikan, dan produk susu, menjaga kesehatan saraf dan sel darah Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Berolahraga secara teratur

Temukan jenis aktivitas fisik yang menyenangkan bagi Anda. Manfaat aktivitas fisik tidak terbatas. Menjadi aktif menurunkan risiko penyakit seperti stroke dan tekanan darah tinggi, membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi kognitif, dan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas kuat setiap minggunya.

Aktivitas aerobik intensitas sedang meliputi jalan cepat, bersepeda, aerobik air, menari, dan sepatu roda.

Aktivitas aerobik intensitas tinggi mencakup latihan seperti jogging, lari, berenang, dan bermain bola basket atau sepak bola.

Selain melakukan latihan aerobik, lakukan aktivitas penguatan otot 2 hari dalam seminggu yang melatih kelompok otot utama (kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu, dan lengan).

Temukan teman olahraga yang dapat membantu Anda tetap termotivasi dan menjadikan olahraga lebih menyenangkan.

Tidur yang cukup (baik)

Usahakan tidur berkualitas setidaknya 7 jam setiap malam. Tidur malam yang nyenyak dapat membantu Anda menghindari penyakit, lebih fokus di siang hari, menjaga berat badan yang sehat, dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur berkualitas setiap malam, dan anak-anak membutuhkan 8 hingga 13 jam tergantung pada usia mereka. Beberapa tips untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak antara lain:

Patuhi jadwal tidur agar Anda mendapatkan tidur yang konsisten setiap malam

Akan tidur di ruangan yang gelap dan tenang dengan suhu yang nyaman

Baca Juga :  Menerapkan Gaya Hidup Sehat untuk Meningkatkan Peredaran Darah: Contoh dan Tips

Menghindari makan besar, kafein, atau alkohol sebelum tidur

Berolahraga di siang hari

Menghindari penggunaan barang elektronik sebelum tidur

Biarkan diri Anda rileks

Lakukan aktivitas santai untuk melawan stres. Bagian lain yang sangat penting dalam menjalani gaya hidup sehat adalah meminimalkan stres. Stres dapat menimbulkan gejala fisik seperti sakit kepala, nyeri dada, dan kelelahan, serta dapat membuat Anda gelisah dan mudah tersinggung. Berolahraga, tidur nyenyak, dan makan sehat semuanya dapat membantu melawan stres, namun ada baiknya juga meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan aktivitas yang menurut Anda menenangkan. Ini mungkin seperti:

Sisihkan waktu untuk hobi Anda, seperti menulis atau mendengarkan musik

Membaca buku

Menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau orang terdekat

Pergi keluar dan menghabiskan waktu di alam

Merawat dan bermain dengan hewan peliharaan

Latih perhatian penuh

Fokus pada hal-hal positif dan kendalikan emosi Anda. Mempraktikkan kesadaran dapat membantu menciptakan perubahan yang sehat baik pada kesehatan fisik maupun mental Anda. Secara fisik, olahraga yang penuh perhatian membantu mengurangi stres dan mungkin dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kualitas tidur. Secara mental, melatih kesadaran dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi serta membantu Anda menjalani saat ini dan membentuk pandangan hidup yang lebih positif.

Lakukan meditasi atau latihan yoga untuk membantu menjernihkan pikiran dan fokus pada momen saat ini.

Ide lainnya adalah meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan latihan pernapasan agar diri Anda tetap tenang dan sadar.

Menulis jurnal adalah aktivitas yang memungkinkan Anda menuliskan pikiran dan perasaan jujur ​​Anda dan merefleksikannya nanti.

Beristirahatlah dari berita

Terlalu banyak berita negatif dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Meskipun penting untuk selalu mengikuti perkembangan terkini, dibombardir dengan terlalu banyak berita negatif dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan emosional Anda. Jika Anda merasa kewalahan atau stres dengan apa yang terjadi di dunia, jangan menonton berita selama satu hari atau lebih. Istirahat satu hari saja sudah bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan puas.

Jika Anda tetap ingin membaca beberapa berita, hindari topik yang berpotensi menimbulkan stres, seperti berita politik atau dunia.

Jika berita cenderung muncul di timeline media sosial Anda, atur feed Anda untuk menyingkirkan sumber informasi negatif. Misalnya saja unfollow atau blokir akun politik atau tokoh kontroversial.

Batasi waktu layar Anda

Terus-menerus menggunakan ponsel dapat memengaruhi kesehatan emosional Anda. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel berlebihan dikaitkan dengan gejala fisik seperti sakit kepala, kelelahan, gangguan memori, dan gangguan konsentrasi. Selain itu, orang yang terus-menerus menggunakan ponsel justru cenderung lebih stres dan cemas. Untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental, batasi penggunaan ponsel sekitar 1 jam sehari dan habiskan waktu Anda untuk melakukan hal lain yang membuat Anda bahagia.

Paparan media sosial secara terus-menerus berpotensi menyebabkan depresi, kesepian, dan masalah harga diri juga.

Peliharalah hubungan Anda

Berusahalah untuk menjaga hubungan sosial Anda. Ketika Anda memiliki hubungan yang stabil dan sehat dengan orang-orang di sekitar Anda, kemungkinan besar Anda akan membuat pilihan yang sehat dan memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik. Luangkan waktu dalam seminggu untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama teman, keluarga, orang terdekat, dan orang-orang di komunitas Anda. Bertemu untuk makan, menghabiskan liburan bersama, melakukan perjalanan, atau sekadar bertemu di akhir minggu untuk menjaga hubungan dekat.

Jika Anda tidak bisa bertemu langsung, tetap berusaha menjaga komunikasi dengan mengirim pesan, menelepon, melakukan obrolan video, atau berinteraksi melalui media sosial.

Baca Juga :  Wow! Rahasia Manfaat Daun Selada Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Terlibat dalam komunitas Anda juga merupakan cara yang bagus untuk membentuk koneksi baru dan bermakna.

Misalnya, menjadi sukarelawan di organisasi nirlaba setempat, berpartisipasi dalam acara komunitas, atau mengamalkan iman Anda di tempat seperti gereja, masjid, atau sinagoga setempat untuk bertemu orang baru.

Latih cinta diri

Bersikaplah baik dan penuh kasih sayang terhadap diri sendiri. Mencintai diri sendiri berarti memandang diri sendiri dan hidup Anda melalui sudut pandang positif. Saat Anda menunjukkan kebaikan dan kasih sayang pada diri sendiri, kemungkinan besar Anda akan merasa bahagia, percaya diri, dan puas dengan hidup Anda, yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Gunakan afirmasi positif untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda. Katakan pada diri Anda hal-hal seperti, “Saya kuat”, “Saya mampu”, dan “Saya dicintai oleh banyak orang” setiap hari.

Memaafkan diri sendiri atas kesalahan masa lalu juga merupakan bagian penting dalam mencintai diri sendiri. Pengampunan dapat membantu menghilangkan perasaan cemas, stres, marah, dan sakit hati.

Batasi asupan alkohol Anda

Kurangi konsumsi alkohol atau batasi diri Anda hingga 1 atau 2 gelas sehari. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol atau membiasakan minum setiap hari dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit hati, stroke, dan kanker tertentu meningkat secara dramatis akibat penggunaan alkohol yang berlebihan. Untuk menjaga kesehatan Anda, berhentilah minum sama sekali atau batasi diri Anda hingga 1 atau 2 gelas sehari.

Para ahli kesehatan biasanya menganjurkan agar wanita mengonsumsi tidak lebih dari 1 minuman beralkohol setiap hari dan pria mengonsumsi tidak lebih dari 2 minuman beralkohol setiap hari.

1 minuman sama dengan 4 ons (118 ml) anggur, 2 ons (59 ml) minuman keras, atau 12 ons (355 ml) bir.

Berhenti merokok

Berhenti merokok untuk mencegah penyakit dan kanker. Merokok dapat menimbulkan dampak negatif pada hampir setiap organ dalam tubuh Anda, dan membuat Anda berisiko terkena penyakit seperti kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, dan masalah sistem kekebalan tubuh. Berhenti merokok untuk meningkatkan kesehatan Anda dan melindungi diri Anda dari berbagai masalah kesehatan dan penyakit.

Berhenti merokok tentu saja sulit, dan banyak orang memerlukan lebih dari satu upaya untuk menghentikan kebiasaan ini sepenuhnya. Namun, berhenti total adalah cara tercepat untuk mengembalikan tubuh Anda ke kondisi sehat.

Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, bicarakan dengan dokter Anda. Mereka mungkin dapat meresepkan Anda obat atau merujuk Anda ke program berhenti merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa vaping juga membuat orang berisiko mengalami komplikasi kesehatan tertentu, seperti penyakit paru-paru dan penyakit kardiovaskular.

Kunjungi dokter Anda sesering mungkin

Jadwalkan pemeriksaan rutin untuk memantau kesehatan Anda. Bagian penting dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan Anda adalah menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter. Ahli kesehatan Anda akan dapat memberi Anda rekomendasi tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda, serta menunjukkan kebiasaan tidak sehat yang mungkin perlu Anda hentikan.

Jika Anda mengonsumsi obat untuk kondisi kronis, jadwalkan janji temu dengan dokter umum Anda setidaknya setahun sekali.

Bersiaplah dengan pertanyaan atau kekhawatiran apa pun yang mungkin Anda miliki tentang kesehatan Anda untuk membantu mengurangi janji temu tindak lanjut.

Kunjungi juga dokter gigi Anda. Biasanya disarankan untuk melakukan pembersihan rutin dua kali setahun.

Buat janji temu dengan profesional medis lainnya jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti OB/GYN, ahli alergi, dokter kulit, atau ahli endokrinologi.

Bicaralah dengan terapis

Konsultasikan dengan terapis jika Anda memerlukan bantuan untuk mengelola stres. Jika Anda merasa membutuhkan dukungan ekstra dalam membentuk kebiasaan sehat untuk meningkatkan kesehatan mental atau fisik dan melawan stres, berbicara dengan terapis mungkin sangat membantu Anda mengambil langkah ke arah yang benar. Berbicara dengan profesional berlisensi akan memberi Anda ruang aman untuk mendiskusikan apa yang ada dalam pikiran Anda, dan terapis Anda kemungkinan besar dapat memberi Anda nasihat dan latihan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional Anda.

Check Also

Gaya Hidup Sehat

Menerapkan Gaya Hidup Sehat untuk Meningkatkan Peredaran Darah: Contoh dan Tips

Pendahuluan Kiat Sehat – Peredaran darah yang sehat merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan …